Vrydag 28 Junie 2013

MENINGKATKAN HASIL BELAJARA EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LADONG

MENINGKATKAN HASIL BELAJARA EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LADONGI
Oleh : Hertati
 


ABSTRAK : Permasalahan dalam penelitian ini adalah dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ladongi?.
            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ladongi melalui penggunaan media Power Point.
            Manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat berinovasi dalam menggunakan media Power Point dalam upaya meningkatkan ekonomi siswa serta sebagai masukan mengenai strategi mengajar sehingga sebagai masukan dalam pengelolaan kurikulum yang akan datang.
            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai seperti apa yang telah didesain dalam faktor yang diselidiki
            Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif yang diambil dari tes hasil belajar dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi.
            Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ladongi melalui penggunaan media Power Point. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan setiap siklus bahwa pada hasil tes siklus I mencapai rata-rata 63.03% sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 81.21%. Peningkatan dari siklus I kesiklus II adalah 18.18%.  .Penerapan media Power Point pada kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Ladongi meningkatkan aktifitas pembelajaran ekonomi. Hal ini tampak pada kualitas proses yakni siklus I hasil pengamatan aktivitas guru 54%, sedangkan siklus II adalah 93% rata-rata peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II adalah 39%

            Dari hasil evaluasi pada setiap tindakan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa pada kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Ladongi dapat ditingkatkan melalui penggunaan media Power Point 
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Hasil Penelitian
Pelaksanaan Proses Pembelajaran Siklus I
Perencanaan
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah: Membuat/menyiapkan media pembelajaran, yaitu media pembelajaran Power Point, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , membuat/menyiapkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), membuat instrumen observasi kegiatan guru dan siswa, membuat alat evaluasi berupa penilaian proses dan hasil belajar untuk mengetahui tingkat penguasaan materi meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajara mengajar.
Pelaksanaan Tindakan
Guru melaksanakan kegiatan pendahuluan setelah itu, guru melaksanakan kegiatan inti
Observasi dan Evaluasi                                                                                            
Pelaksanaan observasi pada siklus I dilakukan secara bersamaan dengan pelaksaan evaluasi I. Pengamatan ditujukan pada aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran.
Pengamatan terhadap Aktivitas Guru
Pengamatan aktivitas guru dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Pengamatan ini menggunakan instrumen observasi guru
Aktivitas guru dijelaskan bahwa hanya rata-rata 54% dari 13 aspek yang diamati pada siklus I yang terlaksana dengan baik. Pada pertemuan 1 hanya 46.15% atau 6 aspek pembelajaran yang dilakukan dengan baik oleh guru selama proses pembelajaran.
Pengamatan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Siklus I
           Hasil pengamatan terhadap aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus 1 mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru sebesar 58%, Berada dalam kelomponya sebesar 64%, aktif dalam kelompok ketika belajar dan menyelesaikan LKS sebesar 58%, Menghargai pendapat orang lain sebesar 70%, mengungkapkan pemikiranya terhadap materi yang diajarkan
Sebesar 11%, mempersentasikan hasil diskusi kelompok  didepan kelas sebesar 11%, Menanggapi pekerjaan kelompok lain sebesar 13%, menanyakan materi yang kurang dimengerti sebesar 6%, menyimpulkan materi pelajaran  dengan bimbingan guru sebesar 3%
Kesimpulan
     Dari hasil penelitian yang ada dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.      Dari instrument hasil pengamatan guru tentang pelaksanaan 13 aspek dalam scenario pembelajaran dengan menggunakan media Power Point pada siklus I 54% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Nilai menunjukan bahwa penguasaan guru terhadap tahap-tahapan pembelajaran dengan menggunakan media Power Point sudah baik. Jadi dengan adanya penelitian ini, guru dapat menguasai penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media powet Point dalam pembelajaran ekonomi.
2.         Dari insrtumen pengamatan keterlibatan siswa kedalam 9 yang diamati dalamskenario pembelajaran dengan menggunakan media power point selama 2 siklus dapat dijelaskan sebagai berikut: mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru sebesar meningkat dari 58%, menjadi 81%, Berada dalam kelomponya meningkat dari 64% menjadi 90%, aktif dalam kelompok ketika belajar dan menyelesaikan LKS meningkat dari 58% menjadi 76%, Menghargai pendapat orang lain meningkat dari 70% menjadi 76%, mengungkapkan pemikiranya terhadap materi yang diajarkan meningkat dari 11% menjadi17%, mempersentasikan hasil diskusi kelompok  didepan kelas meningkat dari  11% menjadi 17%, Menanggapi pekerjaan kelompok lain meningkat dari 13% menjadi 30%, menanyakan materi yang kurang dimengerti meningkat dari 6% menjadi11%, menyimpulkan materi pelajaran  dengan bimbingan guru meningkat dari 3% menjadi 5%.
3.      Persentase jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar meningkat secara signivikan dari 52% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, sedangkan persentase jumlah siswa yang mengalami ketidak tuntasan belajar menuru derastis dari 49% pada siklus I menjadi 9% pada siklus II jadi hasil belajar ekonomi siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media power Point.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar, 2005. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
-------------------, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad dalam Syam, 2008. Multi Media Dalam   Pembelajaran.www.pendidikansains.blogspot.com [20 Oktober 2012]

Benyamin, S. 1995. Pengertian belajar dan hasil belajar. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Depdiknas, 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.          

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking