Vrydag 28 Junie 2013

HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU

HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU
(Studi Korelasional Di SMA Negeri Kota Raha)
Oleh : Hamri
 


ABSTRAK : Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha.
Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Kota Raha yang berjumlah 187 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 orang guru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) adalah efektifitas kerja guru dan variabel independen kepemimpinan kepala sekolah (X).
Penelitian ini menemukan bahwa: terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektifitas kerja guru adalah 73,96% dan sisanya 26,04% di tentukan oleh factor lain.
Dari temuan  penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha.

 A.    PENDAHULUAN
1.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?
C.    HASIL DAN PEMBAHASAN
1.      Hasil Penelitian
a.       Kepemimpinan Kepala Sekolah
Secara teoritik skor tertinggi adalah 200 (5 X 40) dan skor terendah adalah 40 (1 X 40). Data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 127 responden (guru) yang diteliti menunjukkan skor kepemimpinan kepala sekolah dapat dilihat sebagai berikut:
  Tabel 3. Distribusi Frekuensi kepemimpinan kepala sekolah (X)
No
kelas interval
F
Presentase
1
100 - 107
7
5,51
2
108 - 115
5
3,94
3
116 - 123
29
22,84
4
124 - 131
34
26,77
5
132 - 139
23
18,11
6
140 – 147
20
15,75
7
148 - 155
6
4,72
8
156 - 163
3
2,36
Jumlah
127
100%
Sumber: lampiran 3

Tanbel 4: hasil deskripsi variabel kepemimpinan kepala sekolah (X)
Variabel
N
Rata – rata
SD
Max
Min
Kepemimpinan Kepala Sekolah
127
129,58
12,52
163
100
                  Sumber: lampiran 3
C.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin baik efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha, dan sebaliknya semakin rendah Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin rendah pula Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepela Sekolah terhadap Efektifitas Kerja Guru adalah sebesar 73,96% dan sisanya 26,04% ditentukan oleh faktor lain.

DAFTAR PUSTAKA
Abizar. 1988. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Depdikbud.
Algifari. 2000. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Efendi, MH. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Gaffar, S. 2007. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan aplikasi; Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Jakarta : PT Prenhallindo
Hadi, Sutrisno. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: P2LPTK.
Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Edisi2. Yogyakarta: BPFE.
Iskandar,  R. 2004. Komunikasi Organisasi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor : Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Palupiningdyah, 

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking