HUBUNGAN ANTARA
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU
(Studi
Korelasional Di SMA Negeri Kota Raha)
Oleh : Hamri
ABSTRAK : Adapun yang
menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota
Raha?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota
Raha.
Penelitian ini adalah penelitian survey
dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di
SMA Negeri Kota Raha yang berjumlah 187 orang. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 127 orang guru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel
dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) adalah efektifitas
kerja guru dan variabel independen kepemimpinan kepala sekolah (X).
Penelitian ini menemukan bahwa: terdapat
hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan
efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi kepemimpinan
kepala sekolah terhadap efektifitas kerja guru adalah 73,96% dan sisanya 26,04%
di tentukan oleh factor lain.
Dari temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan
efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha.
1. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah
apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah
dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?
C. HASIL DAN PEMBAHASAN
1.
Hasil Penelitian
a.
Kepemimpinan
Kepala Sekolah
Secara teoritik skor tertinggi adalah 200 (5 X 40) dan skor terendah adalah 40 (1 X 40). Data dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa 127 responden (guru)
yang diteliti
menunjukkan skor kepemimpinan kepala sekolah dapat dilihat sebagai berikut:
Tabel 3. Distribusi Frekuensi kepemimpinan
kepala sekolah (X)
No
|
kelas interval
|
F
|
Presentase
|
1
|
100 - 107
|
7
|
5,51
|
2
|
108 - 115
|
5
|
3,94
|
3
|
116 - 123
|
29
|
22,84
|
4
|
124 - 131
|
34
|
26,77
|
5
|
132 - 139
|
23
|
18,11
|
6
|
140 – 147
|
20
|
15,75
|
7
|
148 - 155
|
6
|
4,72
|
8
|
156 - 163
|
3
|
2,36
|
Jumlah
|
127
|
100%
|
Sumber: lampiran 3
Tanbel
4: hasil deskripsi variabel kepemimpinan kepala sekolah (X)
Variabel
|
N
|
Rata – rata
|
SD
|
Max
|
Min
|
Kepemimpinan Kepala Sekolah
|
127
|
129,58
|
12,52
|
163
|
100
|
Sumber: lampiran
3
C. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Kepemimpinan
Kepala Sekolah dengan Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Hal ini
menunjukan bahwa semakin tinggi Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin baik
efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha, dan sebaliknya semakin rendah
Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin rendah pula Efektifitas Kerja Guru SMA
Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepela Sekolah terhadap
Efektifitas Kerja Guru adalah sebesar 73,96% dan sisanya 26,04% ditentukan oleh
faktor lain.
DAFTAR
PUSTAKA
Abizar.
1988. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Depdikbud.
Algifari.
2000. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto,
Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka
Cipta.
Efendi, MH. 2005.
Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Gaffar, S. 2007. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan aplikasi;
Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Jakarta : PT Prenhallindo
Hadi,
Sutrisno. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: P2LPTK.
Handoko,
T. Hani. 2008. Manajemen Edisi2. Yogyakarta: BPFE.
Iskandar, R. 2004. Komunikasi Organisasi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor : Deddy
Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Palupiningdyah,
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking