Vrydag 28 Junie 2013

HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU (Studi Korelasional Di SMA Negeri Kota Raha) Oleh : Hamri



HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU
(Studi Korelasional Di SMA Negeri Kota Raha)
Oleh : Hamri
 

ABSTRAK : Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha.
Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Kota Raha yang berjumlah 187 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 orang guru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) adalah efektifitas kerja guru dan variabel independen kepemimpinan kepala sekolah (X).
Penelitian ini menemukan bahwa: terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektifitas kerja guru adalah 73,96% dan sisanya 26,04% di tentukan oleh factor lain.
Dari temuan  penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha.


A.    PENDAHULUAN
1.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?
2.         Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang dijabarkan di atas maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan  Efektivitas Kerja Guru di  SMA Negeri Kota Raha.


D.    HASIL DAN PEMBAHASAN

2.      Pembahasan Hasil Penelitian  
Hasil pengujian hipotesis kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,86. Oleh karena nilai korelasi tersebut tergolong positif dan tergolong kuat, maka dapat dikatakan bahwa jika kepemimpinan kepala sekolah baik maka efektifitas kerja guru akan baik pula.
Temuan diatas sesuai dengan persamaan regresi linear sederhana antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru yaitu: = 87,101 + 0,52 X yang mengandung makna bahwa setiap kenaikan satu satuan skor variabel kepemimpinan kepala sekolah maka akan diikuti dengan peningkatan efektifitas kerja guru sebesar 0,52 pada konstanta 87,101. Dengan demikian salah satu factor yang mempengaruhi efektifitas kerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah. Besarnya kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efaktifitas kerja guru adalah sebesar 73,96%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas, maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru secara empiris telah diuji kebenaranya.
Dalam institusi sekolah, kepala sekolah mempunyai peran sebagai perencana, pengorganisasi seluruh kegiatan di sekolah, pengarah atau pembimbing seluruh personil sekolah kaitannya dalam pelaksanaan tugas, pengkoordinasi kegiatan dan sekaligus sebagai pengawas dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di sekolah. Dengan dimilikinya kepemimpinan yang baik, maka seluruh kegiatan yang berlangsung disekolah dapat dilaksanakan secara baik dan sesuai dengan tujuan yang dirumuskan. Pendapat tersebut sejalan dengan pernyataan Daryanto, (2001:81), bahwa kepala sekolah yang mampu memprakarsai pemikiran baru dalam proses interaksi dilingkungan sekolah dengan melakukan tujuan, prosedur, input, proses dan output dari suatu sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan akan mendorong terlaksananya seluruh kegiatan sekolah secara efektif.

E.     KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin baik efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha, dan sebaliknya semakin rendah Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin rendah pula Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepela Sekolah terhadap Efektifitas Kerja Guru adalah sebesar 73,96% dan sisanya 26,04% ditentukan oleh faktor lain.
DAFTAR PUSTAKA
Abizar. 1988. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Depdikbud.
Algifari. 2000. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Efendi, MH. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Gaffar, S. 2007. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan aplikasi; Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Jakarta : PT Prenhallindo
Hadi, Sutrisno. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: P2LPTK.
Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Edisi2. Yogyakarta: BPFE.
Iskandar,  R. 2004. Komunikasi Organisasi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor : Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Palupiningdyah,
Komarudin, K. (2003) Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali.
Muliasa, Muhammad. 2003. Komunikasi Organsasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, Dedy. 2009. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja  Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munib, Alex S. 2004. Manajemen Personalia-Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia.
Rahmat, S. 2005. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi edisi kelima. Jakarta : Erlangga
Soedjadi, Sondang P. 2010. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Suprihatin, MH. 2004. Manajemen Sekolah. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Siagan, A. 1999. Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional-Menjawab Tantangan
Kualitas SDM Abad 21. Editor: Raharjo. Jakarta: Intermasa
Steers, Richard M. 2005. Efektifitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung: Tarsito.
Sutarto, M. 2008. Dasar-Dasar Komunikasi Administrasi 1. Yogyakarta: Data Wacana University Press.
The Liang Gie. 1999. Efisiensi Kerja Bagi pembangunan Negara. Jakarta: Erlangga.
Winardi Muhamad. 2000. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.












Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking