HUBUNGAN ANTARA
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIFITAS KERJA GURU
(Studi
Korelasional Di SMA Negeri Kota Raha)
Oleh : Hamri
ABSTRAK : Adapun yang
menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota
Raha?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota
Raha.
Penelitian ini adalah penelitian survey
dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di
SMA Negeri Kota Raha yang berjumlah 187 orang. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 127 orang guru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel
dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) adalah efektifitas
kerja guru dan variabel independen kepemimpinan kepala sekolah (X).
Penelitian ini menemukan bahwa: terdapat
hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan
efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi kepemimpinan
kepala sekolah terhadap efektifitas kerja guru adalah 73,96% dan sisanya 26,04%
di tentukan oleh factor lain.
Dari temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan
efektifitas kerja guru SMA Negeri Kota Raha.
A.
PENDAHULUAN
1. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah
apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah
dengan efektifitas kerja guru di SMA Negeri Kota Raha?
2.
Tujuan
Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang
dijabarkan di atas
maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui apakah
ada hubungan antara Kepemimpinan
Kepala Sekolah dengan Efektivitas
Kerja Guru di SMA Negeri Kota Raha.
D. HASIL DAN PEMBAHASAN
2.
Pembahasan Hasil
Penelitian
Hasil pengujian
hipotesis kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru menunjukan
koefisien korelasi sebesar 0,86. Oleh karena nilai korelasi tersebut tergolong
positif dan tergolong kuat, maka dapat dikatakan bahwa jika kepemimpinan kepala
sekolah baik maka efektifitas kerja guru akan baik pula.
Temuan diatas
sesuai dengan persamaan regresi linear sederhana antara kepemimpinan kepala
sekolah dengan efektifitas kerja guru yaitu: = 87,101 + 0,52 X yang
mengandung makna bahwa setiap kenaikan satu satuan skor variabel kepemimpinan
kepala sekolah maka akan diikuti dengan peningkatan efektifitas kerja guru
sebesar 0,52 pada konstanta 87,101. Dengan demikian salah satu factor yang
mempengaruhi efektifitas kerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah.
Besarnya kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efaktifitas kerja guru
adalah sebesar 73,96%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas,
maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan efektifitas kerja guru secara empiris telah
diuji kebenaranya.
Dalam institusi
sekolah, kepala sekolah mempunyai peran sebagai perencana, pengorganisasi
seluruh kegiatan di sekolah, pengarah atau pembimbing seluruh personil sekolah
kaitannya dalam pelaksanaan tugas, pengkoordinasi kegiatan dan sekaligus
sebagai pengawas dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di sekolah. Dengan
dimilikinya kepemimpinan yang baik, maka seluruh kegiatan yang berlangsung
disekolah dapat dilaksanakan secara baik dan sesuai dengan tujuan yang
dirumuskan. Pendapat tersebut sejalan dengan pernyataan Daryanto, (2001:81),
bahwa kepala sekolah yang mampu memprakarsai pemikiran baru dalam proses interaksi
dilingkungan sekolah dengan melakukan tujuan, prosedur, input, proses dan
output dari suatu sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan akan mendorong
terlaksananya seluruh kegiatan sekolah secara efektif.
E. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara
Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha.
Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi Kepemimpinan Kepala Sekolah maka
semakin baik efektifitas Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha, dan sebaliknya
semakin rendah Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin rendah pula Efektifitas
Kerja Guru SMA Negeri Kota Raha. Besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepela
Sekolah terhadap Efektifitas Kerja Guru adalah sebesar 73,96% dan sisanya
26,04% ditentukan oleh faktor lain.
DAFTAR
PUSTAKA
Abizar.
1988. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Depdikbud.
Algifari.
2000. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto,
Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka
Cipta.
Efendi, MH. 2005.
Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Gaffar, S. 2007. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan aplikasi;
Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Jakarta : PT Prenhallindo
Hadi,
Sutrisno. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: P2LPTK.
Handoko,
T. Hani. 2008. Manajemen Edisi2. Yogyakarta: BPFE.
Iskandar, R. 2004. Komunikasi Organisasi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor : Deddy
Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Palupiningdyah,
Komarudin, K. (2003) Pemimpin dan
Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali.
Muliasa, Muhammad. 2003.
Komunikasi Organsasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, Dedy. 2009. Komunikasi
Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja
Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munib, Alex S. 2004. Manajemen
Personalia-Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia.
Rahmat, S. 2005. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi edisi kelima. Jakarta :
Erlangga
Soedjadi, Sondang P. 2010. Organisasi
Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Suprihatin,
MH. 2004. Manajemen Sekolah. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Siagan, A. 1999. Keluar Dari Kemelut Pendidikan Nasional-Menjawab
Tantangan
Kualitas SDM Abad 21. Editor: Raharjo. Jakarta: Intermasa
Steers,
Richard M. 2005. Efektifitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Sudjana.
2002. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung: Tarsito.
Sutarto, M. 2008. Dasar-Dasar Komunikasi
Administrasi 1. Yogyakarta: Data Wacana University Press.
The
Liang Gie. 1999.
Efisiensi Kerja Bagi pembangunan Negara. Jakarta: Erlangga.
Winardi Muhamad. 2000.
Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking