HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP
NEGERI SE-KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE
Oleh: ERPINA PAGALA
ABSTRACT : Formulation
of the problem in this study is whether there is a relationship between
headmaster leadership with the teacher performance in Secondary Schools in all
Unaaha District Konawe Regency?. The purpose of this study was to determine the
relationship between headmaster leadership with the teacher performance in
Secondary Schools in all Unaaha District Konawe Regency. The population in this
study were all Secondary Schools teachers in Unaaha District Konawe Regency.
Determination o f the sample size at each school conducted random sampling, so
the overall sample size namely 59 people. Based on the results of inferential
statistical analysis found that there is a positive relationship between
headmaster leadership styles with teacher performance as indicated by the
regression equation Y = 9.87 + 0.84 X. Regression analysis showed that each
increase or decrease the score variable headmaster leadership will be followed
by an increase or decrease in scores for teacher performance variables of 0.84
at constant 9.87. This means that the better headmaster leadership in in
Secondary Schools in all Unaaha District Konawe Regency, then the higher the
teachers performance. Correlation test results showed that the positive and
significant correlation between headmaster leadership with teacher performance
as indicated by a correlation coefficient of 0.775 with a determination 0.6006
meaning that 60.06% increase in teacher performance is influenced by the
leadership of headmaster. Thus, the level of teacher performance is closely
connected with the headmaster leadership; so as to improve the performance of
teachers will require good headmaster leadership.
. HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
Hasil Penelitian
Deskripsi
data hasil penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas
mengenai keadaan tiap variabel yang diteliti yaitu variabel kepemimpinan kepala
sekolah (X) dan kinerja guru (Y). Untuk lebih jelasnya deskripsi data hasil
penelitian dari masing-masing variabel akan diuraikan sebagai berikut.
1. Deskripsi Data Kepemimpinan Kepala Sekolah (X)
Data
variabel kepemimpinan kepala sekolah diukur dengan menggunakan angket yang
terdiri dari 35 pernyataan yang menggunakan Skala 1 sampai 5 sehingga skor
tertinggi setiap pernyataan adalah 5 dan skor terendah adalah 1, sedangkan
secara teoritik skor tertinggi adalah 175 (5 x 35) dan skor terendah adalah 35
(1 x 35). Berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif variabel
kepemimpinan kepala sekolah pada lampiran 4 halaman 74-76, dapat dilihat bahwa
skor maksimum 109, nilai minimum 84, rata-rata (X) 97,97, median(Me) 97,86,
modus(Mo) 97,78, dan standar defiasi (S) 5,66.
2. Deskripsi
Data Kinerja Guru (Y)
Data
Variabel kinerja guru diukur dengan menggunakan angket yang terdiri dari 30
pernyataan dengan menggunakan skala 1 sampai 5 sehingga skor tertinggi pada
setiap pernyataan adalah 5 dan skor terendah adalah 1. Sedangkan secara
teoritik skor tertinggi adalah 150 (5x30) dan skor terendah adalah 30 (1x30).
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian di atas dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala
sekolah (X) dengan kinerja guru (Y) di SMP Negeri se-Kecamatan Unaaha Kabupaten
Konawe. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kinerja guru ditentukan oleh
kepemimpinan kepala sekolah. Dengan demikian semakin baik kepemimpinan kepala
sekolah diterapkan maka semakin tinggi kinerja guru, demikian sebaliknya
semakin kurang baik kepemimpinan kepala sekolah diterapkan maka makin rendah
kinerja guru.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rhineka, Cipta.
As'ad,
Moch. 2001. Seri ilmu manajemen Sumber Daya manusia: Psikologi Industri. Yogyakarta:
Liberty.
Daryanto, ME
2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Effendy, Onong Uchyana. 2002. Dinamika
Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking