JURNAL PENELITIAN
PENDIDIKAN EKONOMI
Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Haluoleo Kendari
================================================================================================
Terbit empat kali setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober
(ISBN:……… ) berisi Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen di bidang
kependidikan, sosial dan ekonomi baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia
maupun bahasa Inggris.
Ketua Penyunting
Muliha Halim
Wakil Ketua Penyunting
Edy Karno
Penyunting Pelaksana
La Bilu
Sabrin
H Muh. Syafa Abdullah
Penyunting Ahli
Hermanus. Purwanta (Universitas Sanatadharma Jogyakarta); Eka
Susantu (UIN Sumut); Irwan Abbas (Universitas Al-Khairun Ternate); Jafar Ahiri
(Universitas Haluoleo); Ajat Sudrajat (Universitas Negeri Jakarta); Muhammad Na’im
(Universitas Negeri Jember); Agus Suprijono (Universitas Negeri Surabaya);
Ersis Warmansyah Abbas (Universitas Lambumangkurat); Lili Dianah (UIN Bandung);
Pelaksana Tata Usaha
Sahdan
Evert Stefanus
Ekawati Z
Alamat
Penyunting dan Tata Usaha:
Prodi
Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Haluoleo Kendari, Gedung Bahasa-Lantai 2,
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Redaksi menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan
dalam media lain. Ketentuan penulisan naskah dapat dilihat pada sampul dalam
bagian belakang. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format,
istilah, dan tata cara lainnya tanpa mengubah maksud dan isinya. Penulis yang
naskahnya dimuat, Dicetak di Lembaga Penelitian Mutiara Ilmu. Isi di luar
tanggung jawab Percetakan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk
bagi Penulis Naskah di Jurnal Inovasi Pendidikan
1.
Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian di bidang pendidikan, sosial dan
ekonomi. Naskah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi
1,5, pada kertas kuarto sepanjang antara 15 – 20 halaman.
2.
Artikel dikirim dalam bentuk print-out sebanyak 2 eksemplar beserta
disketnya/CD dan dibuat dalam program Microsoft Word.
3.
Artikel ditulis dalam bentuk esai disertai subjudul pada masing-masing bagian,
kecuali bagian pendahuluan disajikan tanpa subjudul. Judul artikel dicetak
tebal dengan menggunakan huruf kapital di tengah-tengah. Peringkat subjudul
menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal, letaknya pada tepi kiri halaman
dan tanpa dengan angka, sebagai berikut:
PERINGKAT 1 ( SEMUA HURUF BESAR, TEBAL,
RATA TEPI KIRI)
Peringkat 2 (Huruf Besar-Kecil, Tebal,
Rata Tepi Kiri)
Peringkat 3 (Huruf Besar-Kecil,
Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri) wajib menjadi
pelanggan.
4. Sistematika
artikel hasil penelitian adalah: Judul (tidak lebih 16 kata); Nama
penulis (tanpa gelar akademik);
Lembaga tempat bekerja;
Alamat korespondensi; Abstrak (ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris antara
100–150 kata); Kata kunci (ditulis dalam bahasa Inggris antara 3–5 kata
kunci);
Pendahuluan (tanpa
subjudul) yang memuat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan
penelitian, dan kajian teori yang ditulis tanpa subjudul;
Metode Penelitian; Hasil
dan Pembahasan; Kesimpulan dan Saran; Daftar Pustaka (hanya
memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam uraian saja)
5. Sistematika artikel gagasan kritis adalah: Judul
(tidak lebih 16 kata); Nama penulis (tanpa gelar akademik); Lembaga
tempat bekerja; Alamat korespondensi; Abstrak (ditulis dalam
bahasa Inggris antara 100–150 kata); Kata kunci (ditulis dalam bahasa
Inggris antara 3–5 kata kunci); Pendahuluan (tanpa subjudul) yang memuat
latar belakang masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan yang ditulis
tanpa subjudul; Subjudul yang berisi uraian tentang pembahasan tesis
atau permasalahan yang jumlahnya sesuai dengan pokok kajian;Penutup yang
memuat kesimpulan, saran, dan hal lain yang dipandang perlu oleh penulis; Daftar
Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam uraian saja)
6. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan
pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir.
7. Daftar Pustaka disusun mengikuti tata cara
seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis
Buku
Conny R. Semiawan. (2002). Belajar
dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar
). Jakarta: PT Prehallindo.
Buku
terjemahan
Bennett,
Neville; Wood, Liz; dan Rogers, Sue. (2005). Mengajar Lewat Permainan:
Pemikiran Para Guru dan Praktik di Kelas (Terjemahan oleh Frans Kowa).
Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Buku
kumpulan artikel
Adey,
P. dan Shayer, M. (2002). “Cognitive Acceleration Comes of Age” dalam Shayer,
M. dan Adey, P. ((Ed.). Learning Intelligence: Cognitive Acceleration
Across the Curriculum. Ballmore, Bucks: Open University Press.
Skripsi,
Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Edy
Suryanto. (2007). “Analisis Struktur Cerita Anak (Cernak) dalam Surat Kabar
Solopos Tahun 2006”. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Kendari:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Universitas Haluoleo.
Artikel
dalam jurnal atau majalah
Widha
Sunarno.(2007). “Intensitas Belajar Kelompok dalam Pembelajaran Fisika
Menggunakan Model Co-operative dan Jigsaw”,dalam Dwija Wacana,
Jilid 8, Nomor 1, Mei 2007, hlm. 29-37.
Makalah
Sarwiji
Suwandi. (2003). “Peranan Guru dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia
Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi”. Makalah disajikan dalam Kongres
Bahasa Indonesia VIII yang diselenggarakan Pusat Depdiknas, di Hotel
Indonesia Jakarta, 14 – 17 Oktober 2003.
Internet
Ahmad
Sonhadji. (2005). “Alternatif Penyempurnaan Pembaharuan Penyelenggaraan
Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan”. (Online): (Tersedia) http://www.depdiknas.go.id/sikep/Issue/ SENTRA1/F18.html,
diakes 8 Februari 2013.
7.
Pengiriman artikel disertai nama penulis, alamat, nomor telepon/faksimile atau
e-mail kepada:
JURNAL Pendidikan Ekonomi; d/a. FKIP Universitas Haluoleo, Gedung BAHASA-
Lantai 2,
8. Penulis yang artikelnya dimuat akan menerima
nomor bukti pemuatan sebanyak dua eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak
akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis
CATATAN:
Ø
Terbitan Perdana April 2013, khusus untuk jurnal mahasiswa
pendidikan ekonomi yang akan menempuh ujian skripsi
PENGUMUMAN
DISAMPAIKAN
KEPADA SEMUA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI YANG AKAN MENEMPUH UJIAN SEMINAR
HASIL (TAHAP I) AGAR SEGERA MEMASUKAN TULISANNYA KE JURNAL PRODI SEBAGAI SALAH SATU
SYARAT UNTUK MENEMPUH UJIAN AKHIR SKRIPSI (TAHAP II)
PERSYARATAN SEMINAR HASIL (TAHAP I)
1.
Transkrip
Nilai sementara
2.
Skripsinya
Sudah di Setujui Oleh Tim Pembimbing
3.
Persetujuan
dari Pembimbing I dan II
4.
Fotocopy
catatan bimbingan dari pembimbing Skripsi minimal 4 kali
5.
Fotocopy
Bukti Pembayaran SPP tahun terakhir
PERSYARATAN UJIAN SKRIPSI (TAHAP II)
1.
Skripsinya
Sudah di Setujui Oleh Tim Pembimbing
2.
Surat
Pernyataan bahwa skripsi ini telah diperbaiki sesuai saran dan masukan dari Tim
Penguji Seminar Hasil (Tahap I)
3.
Transkrip
Nilai sementara
4.
Fotocopy
Ijazah SMU/SMK
5.
Persetujuan
dari Pembimbing
6.
Jurnal
(merupakan ringkasan dari skripsi)
7.
Fotocopy
catatan bimbingan dari pembimbing Skripsi minimal 8 kali
8.
Fotocopy
Bukti Pembayaran SPP 3 tahun terakhir
9.
Fotocopy
Bukti Bebas Perpustakaan (Univ, Fakultas dan Jurusan)
Poin
1 s/d 9 di jilid 3 rangkap warna kuning
10.
Skripsi
di tulis dalam Microsoft Word, fon Times New Roman ukuran
12, spasi 2 berisikan:
a.
Bab
I, Bab 2, Bab 3 dan Bab 4 (lengkap)
b.
Daftara
Pustaka
c.
Lampiran
d.
Ringkasan
Skripsi
Poin:
a, b, c, dan d di copy ke CD dalam satu file
Kendari, 4 April 2013
ttd
Kaprodi
Pend. Ekonomi
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking