Woensdag 08 Mei 2013

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN EKONOMI



JURNAL PENELITIAN
PENDIDIKAN EKONOMI

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari
================================================================================================
Terbit empat kali setahun pada bulan Januari, April, Juli,  dan Oktober  (ISBN:……… ) berisi Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen di bidang kependidikan, sosial dan ekonomi baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Ketua Penyunting
Muliha Halim
Wakil Ketua Penyunting
Edy Karno
Penyunting Pelaksana
La Bilu
Sabrin
H Muh. Syafa Abdullah

Penyunting Ahli
Hermanus. Purwanta (Universitas Sanatadharma Jogyakarta); Eka Susantu (UIN Sumut); Irwan Abbas (Universitas Al-Khairun Ternate); Jafar Ahiri (Universitas Haluoleo); Ajat Sudrajat (Universitas Negeri Jakarta); Muhammad Na’im (Universitas Negeri Jember); Agus Suprijono (Universitas Negeri Surabaya); Ersis Warmansyah Abbas (Universitas Lambumangkurat); Lili Dianah (UIN Bandung);

Pelaksana Tata Usaha
Sahdan
Evert Stefanus
Ekawati Z

Alamat Penyunting dan Tata Usaha:
Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Haluoleo Kendari, Gedung Bahasa-Lantai  2,
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Redaksi menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Ketentuan penulisan naskah dapat dilihat pada sampul dalam bagian belakang. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah, dan tata cara lainnya tanpa mengubah maksud dan isinya. Penulis yang naskahnya dimuat, Dicetak di Lembaga Penelitian Mutiara Ilmu. Isi di luar tanggung jawab Percetakan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Petunjuk bagi Penulis Naskah di Jurnal Inovasi Pendidikan
1. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi. Naskah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, pada kertas kuarto sepanjang antara 15 – 20 halaman.
2. Artikel dikirim dalam bentuk print-out sebanyak 2 eksemplar beserta disketnya/CD dan dibuat dalam program Microsoft Word.
3. Artikel ditulis dalam bentuk esai disertai subjudul pada masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan disajikan tanpa subjudul. Judul artikel dicetak tebal dengan menggunakan huruf kapital di tengah-tengah. Peringkat subjudul menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal, letaknya pada tepi kiri halaman dan tanpa dengan angka, sebagai berikut:



PERINGKAT 1 ( SEMUA HURUF BESAR, TEBAL, RATA TEPI KIRI)
Peringkat 2 (Huruf Besar-Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)
Peringkat 3 (Huruf Besar-Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri) wajib menjadi pelanggan.
 4.  Sistematika artikel hasil penelitian adalah: Judul (tidak lebih 16 kata); Nama penulis (tanpa gelar akademik);
Lembaga tempat bekerja; Alamat korespondensi; Abstrak (ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris antara 100–150 kata); Kata kunci (ditulis dalam bahasa Inggris antara 3–5 kata kunci);
Pendahuluan (tanpa subjudul) yang memuat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan kajian teori yang ditulis tanpa subjudul;
Metode Penelitian; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan dan Saran; Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam uraian saja)
5.  Sistematika artikel gagasan kritis adalah: Judul (tidak lebih 16 kata); Nama penulis (tanpa gelar akademik); Lembaga tempat bekerja; Alamat korespondensi; Abstrak (ditulis dalam bahasa Inggris antara 100–150 kata); Kata kunci (ditulis dalam bahasa Inggris antara 3–5 kata kunci); Pendahuluan (tanpa subjudul) yang memuat latar belakang masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan yang ditulis tanpa subjudul; Subjudul yang berisi uraian tentang pembahasan tesis atau permasalahan yang jumlahnya sesuai dengan pokok kajian;Penutup yang memuat kesimpulan, saran, dan hal lain yang dipandang perlu oleh penulis; Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam uraian saja)
6.  Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir.
7.  Daftar Pustaka disusun mengikuti tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis

Buku
Conny R. Semiawan. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar ). Jakarta: PT Prehallindo.
Buku terjemahan
Bennett, Neville; Wood, Liz; dan Rogers, Sue. (2005). Mengajar Lewat Permainan: Pemikiran Para Guru dan Praktik di Kelas (Terjemahan oleh Frans Kowa). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Buku kumpulan artikel
Adey, P. dan Shayer, M. (2002). “Cognitive Acceleration Comes of Age” dalam Shayer, M. dan Adey, P. ((Ed.). Learning Intelligence: Cognitive Acceleration Across the Curriculum. Ballmore, Bucks: Open University Press.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Edy Suryanto. (2007). “Analisis Struktur Cerita Anak (Cernak) dalam Surat Kabar Solopos Tahun 2006”. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Kendari: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Universitas Haluoleo.
Artikel dalam jurnal atau majalah
Widha Sunarno.(2007). “Intensitas Belajar Kelompok dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Co-operative dan Jigsaw”,dalam Dwija Wacana, Jilid 8, Nomor 1, Mei 2007, hlm. 29-37.
Makalah
Sarwiji Suwandi. (2003). “Peranan Guru dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi”. Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VIII yang diselenggarakan Pusat Depdiknas, di Hotel Indonesia Jakarta, 14 – 17 Oktober 2003.


Internet
Ahmad Sonhadji. (2005). “Alternatif Penyempurnaan Pembaharuan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan”. (Online): (Tersedia) http://www.depdiknas.go.id/sikep/Issue/ SENTRA1/F18.html, diakes 8 Februari 2013.

7. Pengiriman artikel disertai nama penulis, alamat, nomor telepon/faksimile atau e-mail kepada:
   JURNAL  Pendidikan Ekonomi;   d/a. FKIP Universitas Haluoleo, Gedung BAHASA- Lantai 2,

8.  Penulis yang artikelnya dimuat akan menerima nomor bukti pemuatan sebanyak dua eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis

CATATAN:
Ø  Terbitan Perdana April 2013, khusus untuk jurnal mahasiswa pendidikan ekonomi yang akan menempuh ujian skripsi


































PENGUMUMAN

DISAMPAIKAN KEPADA SEMUA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI YANG AKAN MENEMPUH UJIAN SEMINAR HASIL (TAHAP I) AGAR SEGERA MEMASUKAN TULISANNYA KE JURNAL PRODI SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUK MENEMPUH UJIAN AKHIR SKRIPSI (TAHAP II)



PERSYARATAN SEMINAR HASIL (TAHAP I)

1.     Transkrip Nilai sementara
2.     Skripsinya Sudah di Setujui Oleh Tim Pembimbing
3.     Persetujuan dari Pembimbing I dan II
4.     Fotocopy catatan bimbingan dari pembimbing Skripsi minimal 4 kali
5.     Fotocopy Bukti Pembayaran SPP  tahun terakhir

PERSYARATAN UJIAN SKRIPSI (TAHAP II)

1.     Skripsinya Sudah di Setujui Oleh Tim Pembimbing
2.     Surat Pernyataan bahwa skripsi ini telah diperbaiki sesuai saran dan masukan dari Tim Penguji Seminar Hasil (Tahap I)
3.     Transkrip Nilai sementara
4.     Fotocopy Ijazah SMU/SMK
5.     Persetujuan dari Pembimbing
6.     Jurnal (merupakan ringkasan dari skripsi)
7.     Fotocopy catatan bimbingan dari pembimbing Skripsi minimal 8 kali
8.     Fotocopy Bukti Pembayaran SPP 3 tahun terakhir
9.     Fotocopy Bukti Bebas Perpustakaan (Univ, Fakultas dan Jurusan)

Poin 1 s/d 9 di jilid 3 rangkap warna kuning

10.                        Skripsi di tulis dalam Microsoft Word, fon Times New Roman ukuran 12, spasi 2 berisikan:
a.     Bab I, Bab 2, Bab 3 dan Bab 4 (lengkap)
b.     Daftara Pustaka
c.      Lampiran
d.     Ringkasan Skripsi
Poin: a, b, c, dan d  di copy ke CD dalam satu file

Kendari, 4 April 2013
ttd
Kaprodi Pend. Ekonomi

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking